Selasa, 30 Mei 2017

10 Boneka Tradisional Jepang yang Unik

10 Boneka Tradisional Jepang yang Unik

1. Daruma/Dharma

Boneka Daruma yang di kenal dengan boneka Dharma melukiskan pendeta Bodhidharma yang menegakkan serta jadi patriarki pertama Zen sekitaran 1500 th. lantas. Boneka Daruma ini berupa seperti bola dengan tubuh berwarna merah (yang paling umum) kuning, hijau, atau puti serta wajahnya putih tanpa ada biji mata. Boneka ini memiliki kumis serta jambang dengan mata berwarna putih saja. Boneka Daruma adalah ajimat untuk membawa keberuntungan serta ketabahan untuk mencapai maksud yang dicita-citakan. Dilukiskan pada mata sebelah kanan saat bikin harapan atau harapan, serta samping kiri saat harapan itu tercukupi. Harapan ini dapat di buat selama th., namun biasanya di Jepang dikerjakan saat Th. Baru. Boneka Wisuda SMP

Banyak boneka Daruma yang berbentuk boneka Daruma lelaki namun ada pula boneka Daruma perempuan, yang umum dimaksud Ehime Daruma atau Putri Daruma.


2. Kokeshi
Boneka yang telah populer mulai sejak zaman Edo (1603-1867) ini mempunyai bentuk tubuh yang silinder, kepala bulat, serta tidak miliki kaki maupun tangan. Dahulu, boneka ini yaitu cindera mata untuk beberapa pengunjung pemandian air panas, namun saat ini telah dapat dibeli di Jepang tanpa ada kita mesti ke pemandian air panas. Kokeshi modern umum dimaksud shingata kokeshi, sedang yang tradisional dimaksud dento kokeshi.

3. Teru Teru Bozu
Yang memiliki nama keren ini berperan sebagai penangkal hujan. " Teru " dalam bhs jepang melukiskan sinar matahari, sedang " bozu " bermakna biksu, menghadap ke kepala botak teru teru bozu.



4. Karakuri

Karakuri adalah boneka golek (puppet) atau automata dari era 18-19, boneka mekanik menakjubkan dari kayu yang dapat bergerak. Karakuri sendiri dapat bermakna alat mekanik untuk lakukan suatu hal, menggoda, atau berikan surprise ke seorang. Mungkin bermakna memiliki kandungan “sihir” tersembunyi serta misteri di dalamnya. Karakuri ini biasanya di festival atau dipertunjukkan di panggung hiburan memiliki ukuran kecil. Umumnya gerakan boneka ini diiringi dengan instrumen musikal.

Intinya ada tiga type dari karakuri, Butai Karakuri (舞台からくり Karakuri Panggung) yang dipakai di teater/panggung. Zashiki Karakuri (座敷からくり tatami room karakuri?) yang kecil serta dimainkan dalam tempat tinggal. Dashi Karakuri (山車からくり festival car karakuri?) yang dipakai dalam festival keagamaan, di mana boneka ini dipakai untuk menghadirkan mitos atau legenda tradisional.

Satu diantara contoh zashiki karakuri yaitu robot mekanik penyaji teh, yang dapat menghidangkan teh, umpamanya dalam kondisi upacara minum teh (chado 茶道).


5. Hakata Ningyo


Hakata Ningyo (博多人形) yaitu boneka tradisional Jepang yang terbuat dari tanah liat, yang datang dari kota Fukuoka, yang terlebih dulu bernama Hakata sebelumnya kota ini dipadukan pada th. 1889. Boneka Hakata ini diprediksikan datang dari era ke 17. Pembuat gerabah termasuk juga Souhiti Masaki bikin boneka tanah liat, yang umumnya diberikan sebagai hadiah untuk kuil Buddha serta untuk Kuroda Nagamasa, yang waktu itu berkuasa atas kota Hakata. Boneka-boneka ini dimaksud juga Hakata Suyaki Ningyō (“博多素焼人形”, “Hakata unglazed doll”). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar