Senin, 29 Mei 2017

Macam-Macam Boneka dan Definisinya

Boneka Jari
Boneka ini di buat dengan alat simpel seperti tutup botol, bola pingpong, bambu kecil yang bisa digunakan sebagai kepala boneka. Sesuai sama namanya boneka ini dima-inkan dengan memakai jari tangan. Kepala boneka ditempatkan pada ujung jari kita/dalam. Bisa pula di buat dari sejenis sarung tangan, di mana pada ujung jari sarung ta-ngan itu telah berupa kepala boneka serta dengan hal tersebut kita/dalam tinggal memainkannya saja. Jual Souvenir Wisuda

Boneka Tangan
Bila boneka dari tiap-tiap ujung jari kita bisa memainkan satu tokoh, lain perihal dengan boneka tangan. Pada boneka tangan ini satu tangan kita cuma bisa memainkan satu boneka. Dimaksud boneka tangan, karna boneka ini cuma terbagi dalam kepala serta dua tangan saja, sedang sisi tubuh serta kakinya cuma adalah pakaian yang bakal tutup lengan orang yang memainkannya selain langkah memainkannya juga cuma menggunakan tangan (tanpa ada memakai alat bantu yang lain).
Langkah memainkanya yaitu jari telunjuk untuk memainkan atau menggerakkan kepala, ibu jari, serta jari tangan untuk menggerakkan tangan. Di Indonesia pemakaian boneka tangan sebagai media pendidikan/evaluasi di sekolah-sekolah telah dilak-sanakan, bahkan juga digunakan di luar sekolah yakni pada siaran TVRI dengan film seri boneka “Si Unyil”


Boneka Tongkat
Dimaksud boneka tongkat karna langkah memainkannya dengan memakai tongkat. Tongkat-tongkat ini dikaitkan dengan tangan serta badan boneka. Wayang Golek di Jawa Barat umpamanya yaitu termasuk juga boneka type ini. Untuk kepentingan pemakaian boneka tongkat sebagai media pendidikan/evaluasi di sekolah, jadi tokoh-tokohnya di buat sesuai sama kondisi saat ini. Umpamanya di buat tokoh tentara, pedagang, lurah, nelayan dsb Boneka tongkat bisa di buat darikayu yang lunak seperti kayu kemiri, randu, dsb.

Boneka Tali
Boneka tali atau “Marionet” banyak digunakan dinegara barat. Ketidaksamaan yang menyolok pada boneka tali dengan boneka yang lain yaitu, boneka tali sisi kepala, tangan, serta kaki bisa digerak-gerakkan menurut kehendak kita/dalangnya. Langkah meng-gerakkannya dengan tali. Dengan hal tersebut jadi kedudukan tangan orang yang memain-kannya ada diatas boneka yang dimainkannya. Untuk memainkan boneka tali dibutuhkan latihan-latihan yang teratur, sebab memainkan boneka tali ini membutuhkan ketrampilan yang lebih susah dibanding dengan memainkan boneka-boneka yang lain. Selenggarakan namun mempunyai keunggulan lebih hidup daripada boneka yang lain, karna mendekati gerak manusia atau tokoh yang sesungguhnya.
Boneka Bayang-bayang

Boneka bayang-bayang (Sadhow Puppet) yaitu type boneka yang langkah memainkannya dengan mempertontonkan gerak bayang-bayang dari boneka itu. Di Indonesia terutama di Jawa di kenal dengan “Wayang kulit”. Tetapi untuk kepentingan sekolah, wayang sejenis ini dirasa kurang efisien, karna untuk memainkan boneka ini dibutuhkan ruang gelap/tertutup. lagi juga dibutuhkan lampu untuk bikin bayang-bayang monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar